Senin, 20 September 2010

Batagor

Hari minggu kemarin, kebetulan sekali bisa ke pasar.. Pas di pasar kepikiran buat Batagor, maka aku beli saja bahan-bahannya.
Tapi Batagor ini tahunya saya buat seperti tahu isi, jadi bukan baksonya yang saya masukin ke dalam tahu tapi sayur dan baksonya saya pisahkan.
Alhamdulillah, berhasil membuatnya walaupun rasanya masih pas2an.. (maklum pemula,heheh)

Bahan :
15 ptg tahu (saya bagi 2 dan jadinya kayak segitiga)
20 bj bakso (saya beli bakso yg sudah jadi, jd jumlahnya sesuai selera saja)
1 bj wortel (tergantung porsi)
1/4 ltr sayur tauge (soalnya penjualnya takar pake literan, ^_^)
Bumbu dapur secukupnya (garam,bawang merah & bawang putih)
Bumbu kacang (saya pakenya yang sudah jadi soalnya malas buat ngulek nya,hehehe)
5 sdm Tepung Terigu
Air

Cara membuat :
Isi Tahu
Iris wortel tipis-tipis dan model memanjang dan bersihkan toge dari bagian yang tidak terpakai. Ulek bumbu dapur (garam, bawang merah & bawang putih) lalu tumis. Masukkan wortel terlebih dahulu samapi mulai layu baru masukkan tauge. Setelah itu sisihkan.
Goreng Tahu dalam minyak panas. Angkat dan tiriskan.
Belah bagian tangahnya tapi jangan sampai putus (ini untuk memasukkan isi tahu)
Campurkan Tepung dengan air secukupnya dan sedikit garam (ini untuk kulit tahu supaya isi tahu tidak terlepas )
Rendam tahu yang sudah didisi sayuran ke dalam adonan tepung dan goring. Angkat dan tiriskan.
Goreng bakso agar terlihat keras (tapi namanya juga batagor, semuanya digoreng kan,hehehe). Setelah berwarna kecoklatan angkat dan tiriskan.
Campur bumbu kacang dengan air panas, agar mudah diratakan. Aduk sampai semuanya menyatu.
Atur tahu dan bakso dalam wadah lalu siram dengan bumbu kacang, hingga seluruh bagian tertutupi
Hidangkan dan siap untuk dimakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar