Rabu, 18 Agustus 2010

Guru di Pedalaman

Akhirnya punya kesempatan lagi jalan-jalan ke kampung nyokap (keren banget ya?! biasanya cuma bilang mace atw ibu)hehhehe.. Tapi kali ini aktivitas sedikt berbeda, kali ini saya punya kesempatan buat berkunjung ke sekolahan sepupu saya (dia seorang guru SMP). Yang bikin berbeda karena tempat mengajarnya cukup jauh dari rumah, belum lagi naik ojek di daerah gunung trus nyebrang sungai harus pake rakit pula.

Sebelumnya saya jelasin dulu lokasinya, kampung saya ini namanya Desa Tinambung Kab. Polmas Sulawesi Selatan. Jarak dari ibukota Polmas ke Desa Tinambung plusminus 50km (kalo dak salah ya.. :D). Nah jarak dari Tinambung ke ujung jalan (maksudnya yang djangkau angkot / pete-pete soalnya habis itu sudah harus naik ojek,hehehe) plusminus 2km. Trus jarak dari pangkalan ojek ke sekolahan ini cukup jauh yaitu 5km (jauh coz jalannya mendaki,maklum namanya juga daerah pegunungan pasti beda kalo jalannya lurus).

Ini juga baru pertama kalinya naik ojek di daerah gunung, sedikit menakutkan tapi kayaknya si tukang ojek sudah terbiasa. Mana habis hujan (becek,naik ojek.. nah lho kok jadi Cinta Laura ya?!hehehe), jalannya jadi licin tapi sang tukang ojek sangat lihai mengenderai motornya.

Pas nyampe sungai, dah banyak tukang ojek parkir di pinggir sungai, mereka nunggu giliran buat nyeberang dengan pakai rakit. Asyiikk, naik motor di atas rakit (pasti belum pernah ngerasain kan???)
                         


Nah lebar sungai yang mau diseberangi memang gak lebar tapi cukup dalam dan arus yang cukup besar. Para tukang ojek sepertinya santai-santai saja n mempercayakan semuanya sama bapak si tukang rakit. Kalo takut di atas ojek mendingan berdiri saja, kalo saya lebih milih duduk di atas motor daripada berdiri. Soalnya lebih kerasa goyangannya kalo harus berdiri.

  
Kalo hujan jadinya kayak begini, jalan jadi becek. Kebetulan saya datangnya pas habis hujan jadi liat keadaannya langsung. Harus hati-hati kalo lagi di boncengan,mendingan turun aja coz jalannya licin. para guru-gurunya juga lebih memilih jalan kalo keadaannya kayak begini.
Tapi kalo mau jalan kaki sampe sekolahan bisa pegal-pegal satu badan. Mana jaraknya jauh plus mendaki pula. Ampun deh kalo harus tiap hari kayak begini.

Paling parahnya lagi kalo pulang dari sekolahan trus gak dapat ojek, yah siap-siap saja buat jalan kaki. tapi mereka (guru-guru) sepertinya sudah terbiasa dengan keadaan mereka. SALUT dweh.. 
Seperti inilah jalanan yang biasa mereka lalui hanya untuk sebuah tujuan yang mlia, mengabdi pada bangsa. (walaupun mereka kadang-kadang pasti mengeluh,hehehehe). Tapi tidak sebanding dengan usaha mereka untuk mendidik anak-anak di Indonesia terutama yang ada di pedalaman.

Saya saja sampai salut sama mereka. Mereka-mereka ini masih pada muda-muda lho. walaupun ada yang berkeluarga, mereka sampai rela berpisah dengan anak dan suami mereka.
Di sekolah yang mereka namakan SMP SATAP, hanya terdapat 8 guru, semuanya masih muda dan pegawai yang baru terangkat. kalo saya jadi mereka belum tentu mau mengabdi seperti ini



Keadaan sekolahnya bahkan cukup memprihatinkan,soalnya  gabung sama sekolah dasarnya juga bahkan dikepalai sama 1 kepala sekolah. Inilah sekolah mereka tempat mereka mendidik dan melahirkan bangsa yang cerdas. Semoga usaha mereke tidak akan sia-sia. tetaplah menjadi guru panutan bagi guru-guru yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar