Senin, 31 Januari 2011

Durian

Buah ini sudah pasti semua orang tau, tapi belum tentu semuanya suka. Saya salah satu dari orang sangat suka dengan durian, makanya sedikit heran dengan orang-orang yang tidak suka buah ini. Ada yang dak suka sama baunya, yang katanya memabukkan.


Biasanya buah musiman ini hadir di bulan Februari atau Maret setiap tahunnya. Untuk daerah Sulawesi Selatan buah ini banyak berasal dari daerah Luwu, seperti Kota Palopo dan Mangkutana serta Kabupaten Bulukumba. Tetapi penjualan di Kota Makassar juga disubsidi dari daerah Polewali dan Mamuju yang merupakan bagian dari Sulawesi Barat.

Tahun kemarin saya beruntung dapat musim duarian di daerah malili yang juga satu kabupaten dengan Mangkutana yaitu Luwu Timur. Puas sekali bisa makan durian sampe setengah mampus. Sudah gampang di dapat, harganya murah sekali bahkan tidak jarang kami dapat panggilan makan durian. 

Tips supaya gak mabuk/kepanasan karena makan durian kebanyakan, minum air dari kulit durian. Air diisi ke kulit durian (tempat durian bertengger) trus minum deh airnya. Percaya gak percaya, saya sering nyobain kok.. :) :)

Tapi tahun ini tak seberuntung tahun lalu yang banjir dengan durian. Sekarang hanya bisa menikmati sedikit karena belum musim dan harganya masih mahal. Alhamdulillah sudah bisa menikmati durian untuk musm kali ini.. Tapi masih dak cukup, semoga ada yang mau ngajak makan durian..hihihihi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar