Jumat, 14 Januari 2011

Klappertaart

Pernah lihat teman buat klapetart waktu tinggal di mess. Sejujurnya baru tau tentang kue jenis ini, tapi pas nyobain rasanya memang enak karena ada kelapa mudanya. Gak sempat nanya resepnya, cuma lihat-lihat doang. namanya malu bertanya jalan terusss...:D

Masih dalam rangkaian acara kawinan, berpikir buat klapetart. Lupa-lupa ingat sama resepnya, so nyari2 di internet deh buat memastikan, ketemu sama resepnya mba rieke. Yah coba bikin deh walaupun bahannya lupa-lupa ingat. Saya ngototnya buatnya dengan campuran air kelapanya, tapi resep yang aku dapat cuma pake dagingnya doang. So resep aku kombinasi aja,hehehehe


Maaf ya, fotonya jelek banget. Soalnya gak punya ilmu fotografi, mesti harus banyak belajar lagi deh biar hasil fotonya lebih menarik. :)

Mau tau buatnya?? Nih dia resepnya....
- 5 biji kelapa muda (pilih yang dagingnya putih bening dan mudah dikerok)
- 150 gr maizena
- 75 gr tepung terigu
- 125 gr gula pasir (tergantung selera)
- 1/2 klg susu kental manis
- 6 butir telur ukuran sedang
- Vanila essence secukupnya
- Kenari yang sudah di sangrai
- Kismis (rendam dengan air panas dan peras airnya.)

Cara buatnya :
- Kupas kelapa, pisahkan air dan dagingnya.
- Campurkan telur, tepung terigu, maizena dan aduk rata. Sisihkan.
- Ambil 750ml air kelapa (kalo gak cukup tambahin air saja), campur dengan gula dan susu lalu masak sampai mendidih pertama.
- Masukkan campuran adonan telur + tepung + maizena kedalam panci lalu aduk sampai mendidih dan meletu-letup. Matikan api.
- Masukkan kelapa muda, sambil di aduk. (lebih banyak kelapanya lebih enak).
- Tambahkan vanila essence secukupnya biar bau amis telurnya hilang.
- Tata dalam wadah, biarkan uap panasnya berkurang. taburi dengan kenari dan kismis (beri keju parut juga lebih enak)
- Sajikan dalam keadaan dingin.

Alhamdulillah berhasil, walaupun ada juga yang dak suka karena baru pertama kali mencicipinya. Makanya selain di sajikan dalam pyrex, saya sajikan juga dalam cup mini.

Selamat mencoba, gak usah takut salah. Saya juga baru pertama kali buat kue ini, tapi Alhamdullilah berhasil walaupun masih harus terus belajar.. :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar